Itik dan Tikus

19 Desember 2014

Dear Diary...
Hari ini mungkin bisa dibilang moment yang agak sepele namun menurut gw penuh makna. Ya… Moment itu adalah “Itik dan Tikus”.

Awal nya gw hanya ingin cuci muka dan ber-wudhu. Gw mau solat isak sebelum tidur. Saat dikamar mandi gw galau banget karena jerawat gw mulai tumbuh lagi di muka gw. Gw minder banget dengan ada jerawat banyak dimuka sehingga gw malu kalau ketemu orang luar. Oh… rasanya dunia mau kiamat saja. Akhirnya gw di kamar mandi agak lama karena gw maksimalkan buat cuci muka. Gw gosok-gosok pakai sabun muka anti jerawat dan gw bisa rasakan di ujung jari gw berasa ada benjolan-benjolan di kulit pipi gw. Ihhhh nangis gw dalam hati. Muka gw gak semulus lagi kayak beberapa tahun lalu. Loe tau artinya apa? Hobby narsis selfie gw mendadak hilang. Arrrgghhh…. Padahal bentar lagi kan Tahun baru? Gw ada plan holiday beach party ama temen gw. Kebayang donk gimana malunya gw. Gw takut banget temen-temen gw mencaci maki dan parahnya gw takut mereka jijik liat muka gw.
Ohh nooo….
Nah karena tangan gw mulai pegel, gw akhirnya menyudahi bersihin muka gw. Gw ambil air wudhu dan tentunya berdoa dulu. Nah saat gw basuh kaki gw dibagian wudhu terakhir ini, gw tiba-tiba dikejutkan anak bebek menthok (itik) piaraan nyokap gw yang tiba-tiba muncul dan lari menuju gw. Karena kamar mandi tadi gak gw tutup akhirnya itu itik nabrak kaki gw. Gw bener-benar heran kok bisa ini itik bisa masuk dapur dan kamar mandi. Memang sih kandang unggas nyokap gw ada dibelakang kamar mandi. Tapi gw yakin unggas-unggas itu gak akan bisa masuk dapur klo pintunya ditutup. Ah bodo amat gimana itu itik bisa masuk. Tapi setelah gw perhatikan itu itik lari dengan muka panic dan ketakutan.

“Hellooo Bastian emang loe Nabi Sulaiman As yang bisa bahasa binatang?” HAHAHAHA.

Emang sih gw bukan Nabi Sulaiman yang bisa bahasa binatang, tapi gw yakin ini itik ketakutan seolah minta tolong dan sekilas gw lihat noda di leher itu itik. Gw pikir sih itu lumpur karena kebetulan diluar juga habis hujan deras. Jadi gw terkesan agak jijik kalo pegang. Hanya saja muka melasnya yang gak nahan di hati gw, akhirnya gw samperin itu titik yang diam didepan gw. Nah saat gw mau ndeketin itu itik tiba muncul tikus yang gede banget yang juga pengen ndeketin si itik. Gw kira itu kucing karena gedenya hampir sama. Sampe kaget banget gw liatnya. Nah saat gw sadar itu tikus gw reflek lari. Bukan lari takut dan kabur, tapi gw lari pengen nendang itu tikus. Gw benci benci banget sama ini hewan karena sering ngerusakin baju-baju gw dilemari. Heran gue. Padahal dari dulu gw udah jebak banyak tikus tapi gak habis-habis. Gila banyak banget. Emang tikus kalo bunting lahir berapa ekor sih? Kayak  e lebih dari 10 ekor. Nah klo ortu mereka hoby bikin anak tikus ya gw gak sanggup nangkep satu persatu itu tikus.

Kembali ke tikus yang super gede tadi. Waktu gw mau tendang eh itu tikus langsung kabur. Lari nya cepet banget. Ya iyalah klo lemot itu keong dan siput. Payah loe Bastian. Hahahaha.
Setelah gak berhasil nendang itu tikus, pandangan gw jadi kembali ke itik itu tadi. Gw jadi curiga kalau itik tadi memang benar dikejar itu tikus sampai lari ketakutan kayak gitu. Semakin lama gue perhatiin waktu itu itik noleh gw sekilas liat darah dileher kirinya. Tapi itu sekilas banget karena samar dan gak jelas itu itik kembali menoleh ke kanan jadi gw gak bisa liat dan memastikan. Sebelah kanan leher dan sekujur tubuhnya penuh dengan lumpur. Sempet si gw mau langsung masuk ruang tengah aja karena gw mau solat. Tapi ekspresi wajah si itik tadi bener-bener nempel dihati gw. Gw jadi berbalik dan merhatiin lagi itu itik. Gw gak bisa pegang itu itik karena gw juga udah wudhu. Jadi gw perhatiin aja sampai si itik itu menoleh kekiri. Gw masih penasaran dengan noda tadi yang gw lihat. Karena gw yakin tadi itu gw kayak ngelihat darah di lehernya. karena kelamaan akhirnya itu itik gw giring biar noleh ke kiri.

“Huz huz huz.. wik wik wik…” seru gw biar itik itu nurut. Dan ternyata benar… you know what??

Daraaaahhhh…. Gw langsung shock liatnya. Leher sebelah kirinya luka dan terkoyak bekas gigitan. Pasti itik ini sebelumnya udah digigit tikus gede tadi. Ya Allah kasian banget. Naluri kemanusiaan gw membuat gw sedih dan galau tingkat dewa jadi gw panic. Gw bingung harus ngapain buat nolong si Itik ini. Karena kalo gw biarin pasti si tikus tadi bisa kembali dan memakan ini itik. Tapi gak mungkin juga itik ini gw bawa ke kamar. Bisa kena marah Emak (ibu) habis-habisan. Nah karena gw gak tau harus ngapain akhirnya gw teriak manggil emak gw.
“Mak…. Anak bebek sampean di cokot tikos. sakno mak ndelok e (Ma.. anak bebek mama di gigit tikus. Kasian liatnya)” teriak gw . Tak lama kemudian emak gw datang dan liat itik tadi.
“Owalah le… jarno ae paling mari ngene mati. Wingi yo onok 4 meri seng di pangan tikus. Ndase krowak (owalah nak… biarin aja paling bentar lagi juga mati. Kemarin juga ada 4 itik yang dimakan tikus. Kepalanya lubang)” kata emak gw dengan nada yang sedih juga.
“Waduh… mosok dijarno mak? Sakno mak. Di wadahi kardus ae Mak ben tikos e gak balik maneng. (waduh… masak dibiarin Ma? Kasian Ma. Di masukin kardus aja Ma biar tikusnya gak kembali lagi)” Kata gw melas.
“Yo wes lah kowe ndang sembayang kono. Tak uruse meri e (Ya udah kamu cepet sholat sana. Tak urusin ini itik)” jawab Emak gw santai.

Okey fine gw masuk ke mushola rumah buat sholat. Tapi loe tau? Entah mengapa gw masih kepikiran sama itu itik. Gw jadi kasian banget liatnya. Pada saat gw mau mulai solat gw teringat terus sama itu Itik. Jadi pas udah mau sholat gw balik lagi ke dapur liat itu itik.

“Kok mbalik? Lapo? Iki meri ne wes tak lebok no kardus. Wes ndang solat kono. (kok kembali? Knp? Ini itiknya udah aku masukin kardus. Udah cepat solat sana)” sapa Emak gw di dapur. Gw liat itu itik sepertinya udah aman dari tikus. Jadi gw bisa solat dengan tenang dan khusuk.

Dalam solat entah kenapa gw seperti ditampar oleh kejadian tadi. Gw merasa gak ada apa-apanya dengan itu itik. Sejak kecil dia udah berjuang dengan yang namanya maut yang bisa datang kapan saja. Memang sih ini namanya rantai makanan yang bisa dikatakan biasa saja. Kejadian yang normal dimana hewan saling memangsa seperti di tayangan flora dan fauna di TV. Hanya saja wajah itu itik bener-bener melekat di mata, pikiran, dan hati gw.
Bisa dibilang lebay sih tapi gw emang merasa kasian banget sama itu itik. Gw gak bisa ngebayangin gimana dia secara nyata di gigit tikus sampai berdarah gitu lehernya. Gw melihat itu daging berlumuran darah yang bercampur dengan lumpur. Ngeri banget liatnya. Bahkan jika ngebayangin itu itik dimakan hidup-hidup. Ya Allah gw gak bisa membayangkan jika itu itik adalah gw.

Gw merasa malu banget. Hanya karena jerawat dimuka gw yang banyak ini gw merasa hidup gw udah merasa parah banget. Gw malu jika ketemu orang. Gw malu di bully orang yang kadang komentarnya sangat pedas dengan kondisi gw saat ini. Mungkin karena biasanya penampilan gw menarik dan sekarang muka gw gak banget karena jerawat, jadi seolah mereka senang banget liat gw menderita. Tapi penderitaan gw gak sebanding dengan kehidupan itik tadi. Dengan umur yang baru lahir saja udah berjuang sendiri. Dari keadaan dia lari tadi gw yakin itu perjuangan banget bisa sampe masuk dapur dan kamar mandi gw. Lari tunggang langgang sampai gak liat ada gw didepan. Muka yang melas dan penuh ketakutan membuat gw bisa merasakan penderitaannya.

Ya allah aku malu . Benar-benar malu. Malu bukan karena jerawat lagi. Melainkan karena ternyata aku selama ini kurang bersyukur kepadamu. Memang benar nikmatmu begitu besar sehingga aku terlena dengan kenyamanan dan merasa nikmatmu biasa saja. Kau mengujiku dengan masalah yang amat sangat kecil (jerawat) ini dan aku benar-benar merasa sangat payah.

Aku bersyukur kepadamu karena telah membuka mata, pikiran dan hatiku melalui kejadian itik ini. Kejadian ini adalah sepele namun mengandung arti besar buatku. Sekarang aku sadar. Dibalik ujianku sekarang mungkin Engkau membantu ku untuk mendapatkan orang yang tepat. Yang tidak menilai seseorang dari fisik. Dengan kejadian ini aku jadi mengerti siapa saja orang yang masih menghargaiku dengan keadaan ku ini. Ya Allah kuucapkan beribu rasa syukur atas karuniamu.

Keesokannya……
Gw bangun tidur langsung melihat keadaan itik yang kemarin. Alhamdulillah dia masih hidup dan lukanya sudah mengering. Gw buka kardus dan gw biarkan dia berjalan keluar dapur. Sambil gw awasi dia kembali ke kandang. Saat kulihat kandang??? gw kembali shock melihat 4 ekor itik lain yang ternyata sudah mati dengan kondisi leher hampir putus dan kepala nya berlubang. Ya Allah… aku tidak bisa mengutarakan isi hatiku lagi.

Gw lihat itik yang semalam gw selamatkan mendekat ke induknya. Gw tersenyum. Setidaknya gw masih melihat itik yang gembira karena selamat dari tikus kemarin malam.

Itulah Diary cerita hari ini. Simple, sederhana, bahkan mungkin sepele namun memiliki makna yang sangat besar. Semoga Allah selalu menjaga hati dan pikiranku untuk selalu bersyukur. Amin.


Comments

Most Popular

Pengalaman Pertama Test VCT (HIV/AIDS)

Ketika Sumpah Demi Tuhan Sudah Tak Berarti

Tulang Punggung Keluarga . Inikah Rasanya?

Pengalaman Memperpanjang Masa Berlaku SIM C

Selalu Ada Kertas Putih (Part III)