Ketika Sumpah Demi Tuhan Sudah Tak Berarti

Beberapa bulan lalu tepatnya akhir tahun 2014 ketika lagi ada promo hp samsul catatan 4 di Surabaya TP, aku berbincang sama seseorang yang memperkenalkan diri sebagai leader marketing samsul dari Jakarta. Aku tanya keunggulannya samsul catatan 4 dibanding apel growak 6. Hanya saja dia malah menjelaskan keburukan produk apel growak dan menghina produk apel growak yang katanya suka plagiat samsul..

Okey sih fine dengan mood yang agak shock akhirnya saya tanya:
"Kalo mas nya sendiri hapenya pakai apa? kan kebanyakan exmud pakai apel growak biar gengsinya tinggi?"
"Ya jelas samsul donk. Kan juga keren?" jawab dia.
"Yakin?" tanyaku sambil senyum menggoda liat wajah dia yang ganteng.
"Iya.. Sumpah demi Tuhan. Sampai kapanpun juga gak akan make itu hp apel growak" jawabnya serius. Mungkin dia bete liat mukaku yang jelek ini yang dari tadi liat dia pake senyum kayak orang gila.

Sebenarnya akupun juga gak minta amat dia mau sumpah apa gak. Karena aku gak nyangka dia pke sumpah atas nama Tuhan ya aku 100% percaya.

1,5 Bulan kemudian...

Sekarang jam 12 siang. waktunya istirahat. Karena boring bengong akhirnya buka FB di PC kantor. Aku lihat wall yang penuh dengan foto narsis para anak-anak Adam dan perhatianku tertuju pada salah 1 foto teman ku yang sudah jadi teman FB sejak 2012. Aku lihat fotonya lagi bersama teman nya lain (4 cowok + 1 cewek) lagi dinner diatas rooftop salah 1 gedung pencakar langit dengan kostum ala exmud seperti biasanya.
Karena semua ganteng-ganteng jadi aku perhatikan wajah satu persatu temannya itu. Ternyata... Eh.. Ada foto leader marketing samsul yang kemarin aku tanya itu. kebetulan foto itu di tag ke FB dia.

Karena "Kepo", aku buka itu FBnya. Setelah aku perhatikan, ternyata benar itu foto orang yang berbincang sama aku bulan lalu. Awalnya sih tertarik karena ternyata dari kegiatannya kebanyakan aktifitas modelling gitu. Berarti dia juga model. Okey fix aku liat albumnnya mulai dari tahun 2013 sampai tahun ini.

Mataku pun terbelalak lebar. Bukan karena mengagumi wajahnya yang ganteng lagi. Melainkan karena ada tulisan "iOS Photos".

Oh Ternyata. Kok bisa ya? Dia bohong menggunakan nama Tuhan demi melariskan barang dagangan. Benar-benar aku tidak habis pikir. Apa benar manusia sekarang sudah banyak yang tidak tahu bagaimana sakral nya "Sumpah" memakai nama Tuhan? Ini bukan lagi tentang persaingan bisnis yang sehat. Namun ini menurutku sudah melampaui batas nilai moral seseorang. Begitu gampangnya bibir berucap sumpah dan tak lagi mau tahu resiko dan dosa apa dibalik semua kebohongan itu.

Hati ini hanya bisa berkata dan berdoa. Semoga aku bisa menjadi orang yang jujur dan menjunjung tinggi sumpah yang kubuat.

Comments

Most Popular

Pengalaman Pertama Test VCT (HIV/AIDS)

Tulang Punggung Keluarga . Inikah Rasanya?

Pengalaman Memperpanjang Masa Berlaku SIM C

Selalu Ada Kertas Putih (Part III)